Serba neka




Dari Sumber :
diringkas oleh Editor




Diggest

Insinyur Hydro Pertama di dunia
adalah Kaisar Yu dari Tiongkok, menjadi insinyur Hydro pertama di dunia. Dia membangun sistem hydrologism dari Sungai Kuning (Huang He)

Sejarah bangsa Tionghoa menjangkau lebih dari 6000 tahun. Faktanya, Tiongkok pada masa purba itu,telah mengembangkan kekayaan budaya ,seni dan teknologi.
Tiongkok sudah menemukan dan mengembangkan produk teknologi seperti sutera, kertas, bubuk mesiu, percetakan dan pengobatan.

KELIRUMOLOGI
Pencetus istilah ini adalah seorang juragan obat tradisional (singkat katanya:Jamu) sekaligus seniman, dan juga humoris, merangkap penulis yang sangat nyentrik dari kota Semarang yang bernama Jaya Suprana.
Kelirumologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang oleh masyarakat umum terlanjur dianggap benar, tetapi sebenarnya keliru.
Asal Kata Jika diurai, 'kelirumologi' berasal dari kata 'keliru' yang artinya 'salah', dan 'logi (logos)' yang artinya 'ilmu'. Dua kata tersebut jika hendak digabungkan, maka seharusnya berbunyi kelirulogi, bukan 'kelirumologi'. Di sini kenyentrikan seorang Jaya Suprana sengaja menggunakan kata yang 'salah' tersebut untuk sekadar menjelaskan, bahwa istilah baru yang diciptakannya memang untuk mengajak kita semua menjadi peka terhadap kesalahkaprahan.
Seiring berjalannya waktu, "penemuan" Jaya Suprana tersebut telah dikembangkan oleh berbagai kalangan, tujuan utamanya untuk edukasi.
Banyak istilah, kata ataupun nama yang sudah lama - bertahun -tahun bahkan mungkin berabad digunakan, ternyata sebenarnya salah..

Di era tahun 70-an, saya paling suka acara ” Mari berbahasa Indonesia yang baik dan benar”, di TVRI, acara ini diasuh oleh Yus Badudu.
Masih ingat di benak saya, ketika saat itu beliau menjelaskan banyak kekeliruan dalam berbahasa Indonesia.
Misalnya ada berita menggelikan berbunyi : “…penjahat itu berhasil ditangkap oleh polisi”, nah lo, kata berhasil adalah kata aktif, yang maksudnya sesudah melalui suatu proses, seseorang berhasil dalam usahanya itu. Nah mana mungkin seorang penjahat “berupaya” agar dirinya ditangkap? .Kalau saja bunyi berita itu adalah “…penjahat itu berhasil melarikan diri…” itu baru benul, eh betul (sorry,penulispun sering melakukan kelirumologi)

CAPTCHA

Jika Anda sering mengakses internet, Anda pasti sering menemukan website yang meminta CAPTCHA. Rupanya hanya segelintir orang yang mengetahui kepanjangan dari CAPTCHA.
CAPTCHA merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart". Artinya kecerdasan buatan ini bertugas untuk memastikan bahwa aktivitas yang terjadi pada situs tersebut hanya boleh dilakukan oleh manusia dan bukannya komputer.

  • Back to Top of Page

  • Angka 4 dan 13 sial?

    Sekarang ini, bila kita berada dalam satu komplek perumahan, jarang mendapatkan rumah dengan nomor 4 atau 13.Rupanya pihak pengembang atau pemilik property tidak menggunakan angka 4 dan 13 sebagai nomer unit. Sudah dipahami banyak orang,bahwa angka 4 dalam pengucapan orang Hokian dibaca sebagai ‘si’ yang mirip dengan ‘si’ yang artinya mati.

    Anggapan bahwa bangsa Tionghoa menganggap angka 4 dan 13 adalah angka sial, merupakan anggapan yang salah kaprah. Kepercayaan itu adalah milik sekelompok orang tertentu, bukan keyakinan bangsa Tionghoa secara umum. Buktinya:

    Menggunakan angka 4:Sajak, puisi klasik Tiongkok terdiri dari 4 baris, kelompok bandboy F4 dari Taiwan yang sangat terkenal pada era 2000- 2005.Bila grup ini kemudian surut bukanlah karena namanya ada 4 nya, tetapi memang grup bandboy jarang bisa eksis begitu lama.Perusahaan Four Season (She Ci) .

    Ungkapan/pepatah Tionghoa juga terdiri dari 4 kata, antara lain: Wan Li Chang Cheng (Julukan bagi Tembok Tiongkok)

    Permainan Mahyong (mandarin= ma xiang) adalah permainan klasik Tiongkok yang dimainkan 4 orang, dengan 144 karakter kartu.

    Tiongkok menetapkan ada 4 kisah yang merupakan Legenda Tiongkok Sejati, yaiyu Auw Pe Coa (Legenda Ular Putih), Nona Meng Jiang, Liang Shanbo and Zhu Yingtai, dan Gembala dan Nona Penenun (Niulang Zhinšź»).

    Di dunia sendiri mengenal empat musim, yaitu panas, dingin, semi dan gugur

    Menggunakan angka 13:

    permainan kartu Cap Sa (13), kisah heroik Cap Sa Thay Po (atau 13 jagoan)

    (
  • Back to Top of Page
  • Google

    *